Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/01/membuat-background-animasi-di-blog.html#ixzz28wwUpIzr Assalamualaikum wr.wb: Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Rabu, 21 Maret 2012

Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Situasi Umum Perpustakaan
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu merupakan wahana dan sarana yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sebagai sarana dokumentasi yang telah disusun berdasarkan aturan-aturan tertentu.
Adapun letak lokasi Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berada di jalan Raya Kandang Limun tepatnya barada di belakang laboratorium Agronomi. Dilihat  dari asal mulanya  keberadaan lokasi perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu telah banyak mengalami perpindahan tempat. Bermula dari gedung H, kemudian pada tahun 1992 kembali pindah ke gedung G, selanjutnya pindah ke gedung V, tak selang beberapa tahun tepatnya pada tahun 2000 pindah ke gedung U, dan pada tahun 2002 ini menempati gedung tersendiri. Gedung perpustakaan Agrokomplek Fakultas Universitas Bengkulu memiliki ukuran dengan luas 25 x 25 m dan dikelola oleh 5 orang petugas perpustakaan, namun tercatat mulai september 2008 sampai sekarang jumlah petugas menjadi 4 orang setelah satu orang petugas mengundurkan diri.
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu menyediakan beraneka ragam koleksi, baik itu berupa koleksi buku,  terbitan berseri seperti majalah, surat kabar, jurnal ilmiah. Selain itu perpustakaan Agrokomplek juga menyediakan skripsi tiap jurusan dan laporan penelitian dari mahasiswa Fakultas Pertanian yang telah melakukan kegiatan KKN. Sehingga keberadaan perpustakaan ini dapat menunjang kegiatan belajar dan mengajar serta meningkatkan sumber daya khususnya mahasiswa, dosen dan karyawan di  lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

1.2    Tahap Kegiatan Praktek
Salah satu tugas mata kuliah program DIII Perpustakaan yaitu mahasiswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) selama 2 (dua) bulan yang dimulai pada tanggal 02 Februari – 27 Maret 2009 dengan angka kredit 4 SKS,  Praktek kerja lapangan ini wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa program DIII Ilmu Perpustakaan. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan PKL sebagai berikut :

1.      Kegiatan PKL minggu I yang dilaksanakan pada tanggal                       02 Februari   06 Februari 2009
a.       Observasi.
b.      Penataan jajaran koleksi (Shelving).
c.       Pengiventarisasian skripsi.
d.      Membuat buku inventaris skripsi, membuat label skripsi berdasarkan jurusan, melebel skripsi dengan menempelkan pada punggung skripsi berdasarkan jurusan dan penataan skripsi baru pada rak sesuai dengan jurusan masing-masing.
e.       Mengklasifikasi buku.
2.      Kegiatan PKL minggu II yang dilaksanakan pada tanggal                    09 Februari    13 Februari 2009
a.       Shelving buku dan skripsi.
b.      Pengklasifikasian buku.
3.      Kegiatan PKL minggu III yang dilaksanakan pada tanggal                   16 Februari    20 Februari 2009
a.       Shelving skripsi dan buku.
b.      Pengklasifikasian buku.
c.       Inventaris buku.
4.      Kegiatan PKL minggu IV yang dilaksanakan pada tanggal                    23 Februari    27 Februari 2009
a.       Shelving Skripsi, buku, koleksi khusus dan tesis.
b.      Pengklasifikasian jurnal, buku bahasa inggris dan melebel  punggung jurnal.
c.       Menempelkan kantong buku, lembar tanggal kembali,memasukkan kartu buku dalam kantong buku.
d.      Mengetik daftar inventaris barang, jumlah koleksi buku, dan jumlah skripsi dikomputer.
e.       Pelayanan sirkulasi.
5.      Kegiatan PKL minggu V yang dilaksanakan pada tanggal                      02 Maret    06  Maret 2009
a.       Shelving Jurnal ilmiah, majalah dan buku
b.      Pelayanan sirkulasi
6.      Kegiatan PKL minggu VI yang dilaksanakan pada tanggal                   10 Maret    13 Maret 2009
a.       Shelving skripsi, buku dan jurnal ilmiah
b.      Membuat kartu katalog
c.       Pelayanan sirkulasi
7.      Kegiatan PKL minggu VII yang dilaksanakan pada tanggal                 16 Maret –  20 Maret 2009
a.       Shelving buku dan skripsi
b.       Membuat kartu anggota perpustakaan dan membuat kartu katalog
c.       Pelayanan sirkulasi
8.       Kegiatan PKL minggu VIII yang dilaksanakan pada tanggal               23 Maret – 27 Maret 2009
a.       Shelving skripsi, buku dan jurnal ilmiah
b.      Membuat kartu anggota perpustakaan
c.       Pelayanan sirkulasi

1.3    Sistematika Laporan
Sistematika laporan ini berisi tentang uraian singkat dan menerangkan isi dari laporan. Dalam laporan ini terdapat enam bab yang disusun sebagai berikut:
BAB I.      PENDAHULUAN
Pada Bab I ini berisikan uraian singkat mengenai situasi umum m perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. selain itu berisikan pula keterangan mengenai tahapan-tahapan didalam melakukan praktek kerja lapangan.

BAB II.     PERPUSTAKAAN
 Pada Bab II ini menguraikan secara singkat tentang sejarah   Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Baik itu dari segi tata letak, lokasi perpustakaan itu sendiri, kedudukan, organisasi, personalia hingga perlengkapan yang terdapat pada Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian.

BAB III.   PELAYANAN ADMINISTRASI
Selanjutnya pada Bab III.  menjelaskan mengenai kesekretariatan, keuangan baik itu keuangan dalam bentuk pembuatan kartu anggota, biaya foto copy maupun denda bagi mahasiswa yang mengalami keterlambatan dalam mengembalikan bahan koleksi. Selain itu pada bab ini juga secara rinci menjelaskan mengenai ketenagaan.

BAB IV.   PEMBINAAN KOLEKSI
Bab ini mengenai pembinaan koleksi, hal-hal yang terdapat pada bab ini antara lain menjelaskan pengadaan koleksi, pengolahan koleksi baik itu berupa bahan koleksi buku, skripsi, bulletin, hingga surat kabar.
BAB V.     PELAYANAN PENGGUNA
Bab V  menguraikan secara rinci mengenai keanggotaan, pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi ataupun rujukan yang ada pada perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian.

BAB VI.   KESIMPULAN DAN SARAN
Terakhir adalah Bab VI Penutup, yang  menguraikan mengenai kesimpulan dan saran-saran dari penjelasan bab-bab sebelumnya.
















BAB II
PERPUSTAKAAN

2.1    Sejarah
Awal berdirinya Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu didirikan sejak tahun 1982. Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu masih dibawah naungan Pembantu Dekan Bidang Akademika dan dikelola oleh empat orang petugas perpustakaan. Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu mengalami perpindahan tempat. Pertama kali berada di gedung H. Kemudian berpindah tempat ke gedung G pada tahun 1992. Selanjutnya pada tahun 1998 Perpustakaan ini kembali pindah ke gedung V. Pada tahun 2000 berpindah tempat ke gedung U. Dan pada tahun 2002 Perpustakaan ini memiliki gedung tersendiri tepatnya di belakang Gedung Laboratorium Agronomi.
2.2    Lokasi
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berlokasi di jalan Raya Kandang Limun tepatnya berada di belakang Laboratorium Agronomi. Lokasi perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Bengkulu cukup strategis karena  berada di tengah lingkungan universitas. Secara umum gambaran mengenai perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu memiliki luas ruangan 25 x 25 m yang berlokasi disebelah barat berbatasan dengan GB 1, sebelah selatan berbatas dengan Gedung Laboratorium jurusan kehutanan dan Peternakan, Sebelah Utara berbatasan dengan Gedung Laboratorium Agronomi dan sebelah timur berbatasan dengan gedung belajar mahasiswa Agronomi.

2.3    Kedudukan, Tujuan dan Fungsi
a.       Kedudukan
Kedudukan perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berada langsung dibawah naungan Pembantu Dekan Bidang Akademik  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
b.      Tujuan
Adapun tujuan didirikannya Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu merupakan perpustakaan perguruan tinggi yang berperan sebagai sarana kelengkapan pusat suatu perguruan tinggi yang bersifat akademik. Diselenggarakan dengan tujuan untuk melaksanakan program pendidikan perguruan tinggi, mendorong mahasiswa belajar menggunakan dan memanfaatkan bahan pustaka yang ada dan sesuai dengan tujuan kurikulum.
c.       Fungsi dan tujuan, seiring dengan perkembangan Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu mempunyai tugas yaitu memberikan pelayanan kepada pengguna, disamping tugas dan fungsinya perpustakaan Agrokompleks Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan khususnya pada mahasiswa dan dosen  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

2.4        Organisasi dan Personalia
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum memiliki  struktur organisasi yang ideal untuk sebuah perpustakaan. Perpustakaan terorganisir  sangat dibutuhkan untuk memperlancar  jalannya aktivitas  perpustakaan tersebut. Untuk itu dibutuhkan struktur organisasi  yang dapat menunjang tercapainya tujuan perpustakaan yang optimal.
Staf/petugas Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu ada empat orang, dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Seperti :
No
Nama
Keterangan
Pendidikan
1.
Ir. Mat Syafrudin
Koordinator
Sarjana Pertanian
2.
Taharudin, SH
Staf
Sarjana Hukum
3.
Al Azhar, S.Sos
Staf
Sarjana Sosial
4.
Nety Herawati
Staf
SMA

Di lihat dari latar belakang pendidikan, pada Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum memiliki staf yang berlatar belakang pendidikan Ilmu Perpustakaan (Pustakawan).





2.5    Perlengkapan
Perlengkapan adalah salah satu sarana yang penting dalam pelayanan dan dapat memperlancar pekerjaan di lingkungan perpustakaan. Perlengkapan yang dimiliki perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu terdiri dari :
NO
Jenis
Jumlah
Keterangan
1
Meja petugas
7 buah
Baik
2
Kursi petugas
7 buah
Baik
3
Meja sirkulasi
1 buah
Baik
4
Rak Buku
18 buah
Baik
5
Lemari buku
3 buah
Baik

6
Lemari katalog
1 buah
Tidak dipergunakan
7
Jam dinding
1 buah
Rusak
8
Komputer
1 unit
Baik
9
Mesin ketik manual
1 buah
Baik
10
Meja baca
9 buah
Baik
11
Kursi baca
31 buah
Baik
12
Mesin photocopy
1 unit
Baik
13
Kipas angin
6 buah
Baik





2.6    Komputerisasi
Komputerisasi di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu terdapat satu unit komputer tetapi belum dimanfaatkan sepenuhnya karena sampai sekarang penggunaan pengkatalogisasian atau hal lainnya masih bersifat manual. Dan satu buah unit mesin tik manual juga masih belum maksimal dimanfaatkan mengingat tidak berjalannya lagi pembuatan alat telusur berupa katalog. Sedangkan komputer tersebut digunakan untuk kegiatan administrasi seperti pengetikan surat keluar dan pengetikan jumlah koleksi ruang baca Agrokomplek, dan lain-lain serta komputer ini sebagai bahan untuk kelengkapan Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. 













BAB III
PELAYANAN ADMINISTRASI

3.1    Kesekretariatan
 Adapun bentuk kegiatan Kesekretariatan  yang ada yaitu pelayanan surat menyurat, tanda terima buku, surat ucapan terima kasih dari dekan kepada pihak pemberi sumbangan bahan pustaka pengelola koleksi maupun pelayanan sirkulasi dan referensi telah dilakukan oleh petugas perpustakaan  dengan baik.

3.2    Keuangan
Untuk masalah Keuangan, di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum ada penganggaran yang pasti. Keuangan perpustakaan hanya didapat dari:
a.       Pembuatan kartu anggota sebesar  Rp 8.500,-
Pembuatan  kartu anggota Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu ditangani secara langsung oleh   petugas yang bertanggung jawab pada hari itu.  Selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan berlangsung terdapat 25 orang yang mendaftarkan untuk menjadi anggota Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dan hingga masa PKL berakhir 27 Maret 2009 tercatat 253 orang anggota Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
b.      Biaya dari  foto copy bahan pustaka Rp 200 per lembar
Proses foto copy ini dilakukan oleh petugas, dan mahasiswa menulis halaman dan buku yang akan difoto copy atau diperbanyak.
c.       Denda mahasiswa yang terlambat mengembalikan buku Rp 500,-/ hari.

3.3    Ketenagaan
                     Dalam kegiatan sehari-hari di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dikelola oleh empat orang staf, yaitu 1 sebagai koordinator pelaksana yang sekarang dipegang oleh Ir. Mat Syafrudin. Dan tiga orang berperan sebagai staf biasa pada Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum adanya pembagian kerja secara jelas, hal ini didasari dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan merangkap secara keseluruhan oleh satu orang sebagai       penanggung jawab  pada hari yang telah ditentukan. Adapun latar belakang pendidikan sebagai berikut :
No
Nama
Keterangan
Pendidikan
1
Ir. Mat Syafrudin
Koordinator
Sarjana pertanian
2
Taharudin, SH
Staf
Sarjana hukum
3
Al Azhar, S.Sos
Staf
Sarjana Sosial
4
Nety Herawati
Staf
SMA





BAB IV
PEMBINAAN KOLEKSI

4.1    Pengadaan Koleksi
Pembinaan koleksi merupakan salah satu kegiatan teknis perpustakaan yang berupa kegiatan sistematis terarah dari pemilihan sampai dengan pengadaan buku sesuai dengan kebutuhan. Tujuan pembinaan koleksi agar para pengguna memperoleh informasi sesuai dengan objek yang dibahas dan sekaligus isi informasi tersebut mengikuti perkembangan zaman. Manfaat pembinaan koleksi yaitu agar meningkatkan mutu koleksi.
Pengadaan koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dilakukan dengan cara, pembelian langsung dan pembelian tidak langsung.
1.      Pembelian Langsung
a.       Pemilihan atau seleksi koleksi dilakukan dengan cara melihat koleksi     bahan pustaka yang jumlahnya sedikit, tetapi dibutuhkan oleh pemakai dan juga petugas menanyakan langsung kepada pemakai (mahasiswa) buku-buku apa saja yang banyak dibutuhkan lalu dicatat untuk diajukan kepada atasan. Dari hasil seleksi tersebut jika ternyata tidak mencukupi maka pemesanan diprioritaskan pada buku-buku yang lebih penting, sedangkan yang lain ditunda dulu pemesanannya. Jumlah koleksi dari hasil pembelian hingga masa PKL berakhir tercatat 498 eksemplar, adapun pembelian ini ditangani secara langsung oleh Kabag TU  Fakultas Pertanian.
b.      Proses pembelian
-          Petugas mencatat buku-buku yang akan dibeli dan diusulkan kepada atasan
-          Setelah disetujui oleh Dekan Bidang Akademik, kabag TU pelaksana membeli langsung ke toko buku. Jika buku yang diusulkan tidak ada, maka dibeli buku-buku yang mendekati judul buku yang diinginkan.
c.       Penerimaan
Setelah buku-buku dibeli, Kabag TU langsung menyerahkan kepada petugas perpustakaan dan petugas menghitung buku-buku tersebut apakah sesuai dengan pesanan.
2.      Pembelian Tidak Langsung
Pembelian ini ditangani langsung oleh Kabag TU dengan cara  mengirimkan uang lewat pos/wesel, berupa jurnal, warta, dan majalah trubus yang datang sebulan sekali.
3.      Hadiah/bantuan
Buku-buku yang diterima Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu kebanyakan berasal dari hadiah pengadaan PHK A2 SOSEK  berjumlah 763 eksemplar dan BDP  berjumlah 596 eksemplar. Jadi jumlah hadiah/bantuan hingga masa PKL berakhir tercatat 1.369 eksemplar  yaitu  proyek penunjang program pendidikan, terutama buku-buku Sosek dan Agronomi serta buku-buku lainnya.

Dalam penambahan koleksi bahan pustaka Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu juga menerima hadiah dari :
Ø   Sumbangan mahasiswa
·         Artikel Ilmiah
Mahasiswa Fakultas Pertanian yang sudah mengikuti seminar profosal wajib menyerahkan profosalnya kepada Perpustakaan berupa artikel ilmiah.
·         Skripsi
Setiap mahasiswa yang sudah lulus ujian wajib  menyerahkan skripsi kepada petugas Perpustakaan
Ø   Penerbit
                        Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu pada  bulan Maret Tahun 2009 menerima hadiah dari penerbit ANDI Yogyakarta sebanyak 8 judul, dan sebanyak 18 eksemplar.
4.2    Pengolahan koleksi
Kegiatan pengolahan koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Agokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu meliputi :
1.Inventarisasi
a.       Buku Teks
Dalam penginventarisasian semua buku yang menjadi milik Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dicatat dalam satu buku inventaris. Adapun jumlah koleksi buku (Teks Book) yaitu 2.020 judul buku  dengan jumlah 4.676 eksemplar. Sistem inventarisasi yang digunakan di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yaitu, untuk inventaris buku ditulis dalam satu buku inventaris. Sedangkan untuk skripsi dibedakan berdasarkan jurusan, seperti jurusan peternakan, kehutanan, sosek, ilmu tanah, Agronomi dan lain-lain. Jumlah skripsi di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu memiliki 6.182 judul dengan jumlah 6.182 eksemplar.
Sebelum buku-buku tersebut diinventaris terlebih dahulu diberi stempel, yang  terdiri dari :
-          Stempel kepemilikan Perpustakaan Pertanian
-          Stempel berlogo Perpustakaan
-          Stempel inventaris
               Setelah selesai pemberian stempel-stempel lalu koleksi tersebut     dicatat kedalam buku inventaris.

Jumlah koleksi buku di ruang baca  Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu
NO
JENIS KOLEKSI
JUDUL
EKSEMPLAR
1
Teks Book



* Bahasa Indonesia
1610
3576

* Bahasa Inggris
419
1100
2
Bulletin
32
37
3
Skripsi
6182
6182
4
Jurnal
753
984
5
Thesis
24
24
6
Majalah
62
85
7
Surat Kabar



 * Rakyat Bengkulu
426
426

Jumlah
9.508
12.414


                       
Tabel 1.          Contoh Inventarisasi Buku
No
Tanggal
Judul
Pengarang

Penerbit

Jumlah

No.Inv
Call Number

Bahasa

Ket


Jdl

Eks

Ind

Ing


1




19/02/09

Kewirausahaan

Geoffrey G. Meredith

Jakarta, PPM 2002

1

9

1696/H/09

358.04/MER/k/c-9

ü  


Sumber : Perpustakaan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu



Tabel 2.          Contoh Invetarisasi Jurnal
Tgl
Asal
Judul
Vol. Thn
ISSN

Jumlah
Penerbit
Call Number

Bahasa

Ket

Jdl

Eks

Ind

Ing


18/03/09

Jakarta

Trubus

Maret 09 xxxix

0128-0057

1

2

Trubus

765/FP/M/09

ü  



Tabel 3.          Contoh Inventarisasi Skripsi
No
Tgl
No.Inv
Judul
Pengarang
Tahun
Jumlah
Ket

Jdl

Eks


1

02/02/09

709/S.Fp.Agro/09

Perbedaan hasil cabai pada berbagai waktu penyiangan Gulma

Cici Marisa

709/FP/F/06

ü  






Pada Perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian  Universitas Bengkulu ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam mengiventarisasi bahan  pustaka yaitu:
Ø  Memberi Nomor Induk
Bahan pustaka yang diberi nomor induk diletakkan didekat stempel buku dibalik halaman jilid Pemberian nomor dimulai dari lembar yang pertama sampai lembar yang terakhir. Dengan adanya nomor induk maka petugas perpustakaan dapat mengetahui jumlahnya. Ada beberapa contoh pengiventarisasian yang dilakukan di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu seperti contoh dibawah ini:
Ø   Memberi stempel pada buku
            Semua buku di perpustakaan harus diberi  stempel. Stempel tersebut berupa stempel kepemilikan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Pemberian stempel Perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu ada pada halaman judul, halaman rahasia dan halaman terakhir. Cap stempel pada prinsipnya tidak boleh mengganggu teks buku.
2.Klasifikasi
Klasifikasi adalah kegiatan pengelompokkan bahan pustaka yang mempunyai ciri-ciri yang sama dan memisahkan bahan pustaka yang berbeda serta mendekatkan bahan pustaka yang hampir sama subjeknya, agar mudah untuk mencarinya kembali. Dalam pengolahan bahan pustaka, klasifikasi merupakan salah satu bagian pekerjaan teknis yang sangat  penting. Sistem klasifikasi yang digunakan  di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu menggunakan buku Pedoman Sistem Persepuluhan Dewey.
Pengklasifikasian  bahan pustaka pada  Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tercatat jenis koleksi yang di klasifikasi yaitu :
Ø   000      :   Karya Umum                      (18  Judul)
Ø   100      :   Filsafat                                (20  Judul)
Ø   200      :   Agama                                 (33  Judul)
Ø   300      :   Ilmu Sosial                          (87  Judul)
Ø   400      :   Bahasa                                 (3    Judul)
Ø   500      :   Ilmu-ilmu Murni                  (239   Judul)
Ø   600      :   Ilmu-ilmu terapan                (164   Judul)
Ø   700      :   Kesenian dan Olahraga       (7    Judul)
Ø   800      :   Kesusasteraan                     (4    Judul)
Ø   900      :   Sejarah dan Geografi          (5   Judul)
S
3.   Katalogisasi
            Katalog merupakan pedoman seluruh bahan pustaka yang tersedia di Perpustakaan. Pengkatalogisasian buku/bahan pustaka yaitu membuat deskripsi katalog dan membuat kartu katalog. Adapun kartu katalog yang dibuat di Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berupa katalog pengarang.
            Pada Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum menggunakan Kartu katalog karena kartu katalog yang ada sudah tidak banyak lagi dan banyak mengalami kekurangan dalam jumlah dan keadaanya yang sudah rusak dan robek sehingga kartu katalog tersebut sudah tidak dapat lagi digunakan untuk mewakili koleksi bahan pustaka yanga ada di perpustakaan tersebut.
4.   Penyelesaian
Penyelesaian merupakan kegiatan pembuatan dan pemasangan kelengkapan fisik bahan pustaka seperti kantong buku, kartu buku, lembar tanggal kembali, dan label buku. Setelah semua selesai bahan pustaka diatur menurut urutan subjek dan ditempatkan pada rak atau lembar buku yang tersedia agar mempermudah pengguna dalam mencari informasi yaitu melalui bahan pustaka yang ada.
4.3    Majalah
Majalah yang baru masuk diberi stempel Perpustakaan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yang ditulis tanggal penerimaan majalah dibuku inventaris. Majalah yang diperoleh Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yaitu Trubus yang berjumlah 73 eksemplar sampai bulan Maret 2009, semua yang terbit setiap satu bulan sekali. Majalah yang sudah diterima dicatat dalam buku induk Majalah untuk koleksi yang masuk.
4.4  Surat Kabar
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, untuk saat ini hanya berlangganan surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Dengan jumlah satu eksemplar, dan dapat dibaca oleh pengguna di ruang baca Perpustakaan, agar informasi tersebut dapat diketahui oleh pengguna yang lain.
4.5  Perawatan dan Perbaikan Koleksi
Perawatan dan perbaikan koleksi bahan pustaka belum dilakukan secara baik didalam Perpustakaan dan para petugas hanya melakukan pembersihan debu di rak atau badan buku dan buku-buku yang tidak teratur di rak disusun seperti semula menurut nomor klasifikasi yang ada. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kerusakan bahan pustaka di perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu antara lain :
Ø   Suhu dan debu yang berlebihan
Ø   Kerusakan karena serangga
Ø   Diakibatkan oleh perbuatan manusia ( merobek atau mencuri bahan pustaka ).
Ø   Mutu kertas yang kurang baik
         Usaha yang perlu dilakukan untuk pencegahan, melestarikan bahan pustaka adalah sebagai berikut:
v  Membersihkan bahan pustaka dengan menggunakan bahan yang lembut seperti sapu dari bulu ayam dan menambah ventilasi agar udara bisa masuk.
v  Menjaga kebersihan rak / tempat menyimpan bahan pustaka.
v  Memberi peringatan dengan menempelkan tulisan untuk tidak merobek bahan pustaka di rak buku agar pengguna dapat mengerti pentingnya bahan pustaka untuk pengguna yang lain.
v  Perbaikan fisik bahan pustaka.
 
4.6  Penyiangan Koleksi (Weeding)
Penyiangan koleksi merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam perpustakaan. Kegiatan penyiangan koleksi dilakukan untuk membedakan koleksi-koleksi yang sudah tidak layak digunakan lagi atau dimanfaatkan oleh pengguna perpustakaan karena rusak seperti buku robek dan beberapa halamannya sudah hilang atau terlepas. Untuk membedakan perpustakaan antara koleksi yang lama dengan yang baru perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu meletakkan koleksi yang lama dan yang baru di rak yang berbeda. Pada tahun 2006 Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sudah melakukan penyiangan yang telah membedakan koleksi yang masih layak dan tidak layak untuk dimanfaatkan oleh pengguna dipisahkan kemudian dimasukkan dalam gudang.



BAB V
PELAYANAN PENGGUNA

5.1    Keanggotaan
Keanggotaan menjadi tuntutan bahwa Perpustakaan didirikan untuk mengumpulkan , menyiapkan dan meminjamkan buku-buku tersebut kepada pengguna. Adapun keharusan untuk menjadi anggota maka yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri di Perpustakaan. Anggota Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu hingga masa PKL berakhir yaitu tanggal 27 Maret 2009 tercatat 253 anggota Perpustakaan.
Pengguna  yang ingin  menjadi anggota perpustakaan diwajibkan membayar uang  administrasi sebesar Rp. 8500,-/orang. Yang berhak untuk mendaftar diri sebagai anggota Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu adalah sebagai berikut :
a.       pegawai Negeri Sipil di lingkungan Universitas Bengkulu (dosen)
b.      Mahasiswa-mahasiswa Universitas Bengkulu. Selama 8 minggu melakukan PKL terdapat 25 orang yang ingin menjadi anggota perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
Syarat untuk menjadi anggota perpustakaan Agrokomplek  Fakultas  Pertanian Universitas Bengkulu antara lain:
Ø  Mahasiswa Universitas Bengkulu
Ø  Menyerahkan foto copy KTM
Ø  Menyerahkan fas foto 2x3 sebanyak 3 lembar
Ø  Membayar uang administrasi sebesar Rp.8500,-
Ø  Bagi mahasiswa dari luar fakultas pertanian bisa membawa pulang buku yang akan dipinjam, namun sebelumnya harus memiliki kartu anggota perpustakaan terlebih dahulu.
Keterlambatan dalam pengembalian bahan pustaka yang dipinjam:
Ø  Jika bahan pustaka yang dipinjam terlambat dalam pengembalian maka peminjam dikenakan denda Rp 500,-/buku/hari
Ø  Jika Bahan pustaka rusak atau hilang, maka peminjam diwajibkan mengganti sesuai dengan bahan pustaka dan harus memperbaiki bahan pustaka yang hilang ataupun bahan pustaka yang rusak.
  
5.2    Pelayanan Sirkulasi
Pelayanan sirkulasi merupakan salah satu kegiatan penting pada sebuah Perpustakaan dan tidak heran banyak para ahli Perpustakaan mengatakan layanan sirkulasi  adalah tolak ukur dari keberhasilan didalam pengimplementasian  suatu perpustakaan. Dalam ilmu perpustakaan sirkulasi sering disebut dengan peminjaman dan pengembalian.                  
Sistem pelayanan sirkulasi di perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu menggunakan sistem layanan terbuka (open access) yang mana pengguna dapat mencari secara langsung bahan pustaka yang diinginkan langsung ke rak buku. Buku yang boleh dipinjam oleh pengguna sebanyak 2 buah buku dengan jangka waktu 1 minggu setelah itu boleh diperpanjang lagi sebanyak 1 kali ( satu minggu).
5.2.1    Jam Layanan
Pada perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dibuka setiap jam kerja, yaitu :
Senin – Kamis    08.30 -12.00 WIB
            13.00 -16.00 WIB
Jum’at                08.30-11.00 WIB
                           13.30- 16.00 WIB

5.2.2    Prosedur peminjaman
Anggota perpustakaan diharapkan memenuhi peraturan peminjaman, yaitu:
Ø  Mencari keterangan tentang bahan pustaka dengan langsung mencari buku dijajaran rak .
Ø  Menyerahkan bahan pustaka kepada petugas disertai dengan kartu anggota perpustakaan maka petugas akan memberi pinjaman buku dengan waktu peminjaman yang telah ditentukan.
Ø  Keterlambatan pengembalian bahan pustaka akan dikenakan denda atau sanksi sebesar Rp 500,-/buku/hari
Ø  Semua bahan pustaka yang dipinjam harus dikembalikan setiap satu minggu dan bila ingin diperpanjang peminjaman hanya diperkenankan untuk melakukan sebanyak satu kali peminjaman lagi.



5.2.3       Pengembalian
Pengembalian pada layanan sirkulasi adalah kegiatan proses pengembalian bahan pustaka yang telah dipinjam pengguna.
Adapun prosedur pengembalian ini antara lain :
Ø  Peminjam harus mengembalikan  bahan pustaka yang dipinjam    kepada petugas sirkulasi.
Ø  Petugas menerima buku tersebut dan memeriksa keutuhan buku serta tanggal pengembalian.
Ø  Petugas mengambil kartu anggota peminjam atas dasar tanggal kembali  yang tertera pada lembar tanggal pengembalian.
Ø  Menyerahkan kartu anggota perpustakaan kepada peminjam.

5.2.4    Penyusunan bahan pustaka ke rak setelah pengembalian
Tahapan selanjutnya setelah buku tersebut dikembalikan, yaitu penyusunan kembali buku-buku dalam rak berdasarkan aturan-aturan tertentu. Hal ini bertujuan  agar dapat memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin menelusur / memanfaatkan koleksi bahan pustaka ini kembali.

5.3    Pelayanan Referensi
Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu terdapat layanan Referensi yang memiliki fungsi sebagai acuan, rujukan, pelayanan ini memberikan jawaban pertanyaan oleh pengguna. Koleksi Referensi yang ada di Perpustakaan Agrokomplek tidak dapat dipinjamkan (dibawa pulang), namun pihak Perpustakaan menyediakan kepada pengguna bagi yang memotocopy koleksi Referensi yang dibutuhkannya dengan harga  Rp 200/lembar. Bahan pustaka yang sering di foto  copy antara lain : skripsi, jurnal  dan jurnal ilmiah




















BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

6.1    Kesimpulan
Selama 8 minggu melakukan praktek kerja lapangan ( PKL) di perpustakaan Agrokomplek  Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu,  maka berdasarkan hasil PKL  dapat kami simpulkan bahwa :
1.            Perpustakaan Agrokmplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum memiliki pembagian kerja secara jelas. Dalam bidang Personalia, Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu belum memiliki staf yang berlatar belakang pendidikan Ilmu Perpustakaan ( Pustakawan).
2.            Dalam bidang pengadaan bahan pustaka, staf pengelola Perpustakaan Agrokomplek belum dilibatkan secara langsung hal ini di lihat dari kegiatan pengadaan masih di tangani secara langsung oleh pihak Fakultas (Kabag TU). 
3.            Dalam bidang pengolahan  bahan pustaka, komputerisasi di Perpustakaan Agrokomplek belum dimanfaatkan sepenuhnya karena sampai sekarang pengolahan bahan pustaka seperti, inventarisasi, klasifikasi atau hal lainnya masih bersifat manual. Akibatnya akan menghambat baik bagi petugas dalam mengelola bahan pustaka maupun bagi pengguna dalam menelusur informasi yang diinginkan


6.2    Saran
Agar Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dapat menjalankan fungsinya Perpustakaan maka perlu diadakan hal sebagai berikut :
1.            Agar kegiatan/aktivitas-aktivitas pada Perpustakaan Agrokomplek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berjalan dengan lancar maka dibutuhkan pembagian kerja yang jelas. Selanjutnya didalam menjalankan organisasi tersebut, maka dibutuhkan staf yang berlatar belakang pendidikan perpustakaan (Pustakawan) yang benr-benar mengerti akan perpustakaan (khususnya didalam mengelola perpustakaan).  
2.            Dalam pengadaan bahan pustaka sebaiknya staf perpustakaan dilibatkan secara langsung, karena pihak perpustakaan yang lebih mengetahui akan informasi atau bahan pustaka apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna.
3.            Agar memudahkan dan memperlancar aktivitas-aktivitas bagi petugas dalam mengelola bahan pustaka maupun pengguna didalam penelusuran informasi yang diinginkan, sebaiknya pihak perpustakaan tidak lagi menggunakan sistem manual dalam mengolah bahan pustaka akan tetapi dengan memfungsikan komputerisasi sebagai alat sebagai alat bantu dalam segala aktivitas, maka secara tidak langsung akan memperlancar aktivitas-aktivitas dalam perpustakaan tersebut.
.






         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar